Thoughts

Padi yang Merunduk

Padi

Mungkin sebagian orang sudah memahami makna tersirat dari analogi padi yang merunduk. Karena itu hari ini, saya terhenyak untuk kembali menulis. Menulis dan terinspirasi oleh manusia-manusia yang datang dan pulang dengan kisahnya masing-masing.

Baiklah, saya bertemu kembali dengan orang-orang seperti padi yang merunduk. Dua Professor dari letak geografis yang berbeda menghadiri mini exhibition tentang Community Development yang di gagas oleh departemen Hubungan Internasional tempat saya menimba ilmu, kedua professor itu berasal dari Korea Selatan dan Australia tetapi berada dalam aliansi blok yang sama, blok barat.

Saya sempat beberapa kali bertemu mereka dan berbincang-bincang. Namun, terkhusus hari ini, saya ingin menulis tentang mereka yang menyadarkan pelajaran hidup, bahwa orang-orang yang ilmunya semakin tinggi justru akan semakin rendah hati. Mereka tidak sungkan untuk bertanya, menerima sanggahan, berbagi ilmu, bahkan mereka mau mendengarkan suara dari padi-padi kerdil. Mereka menghargai orang lain namun, bukan dengan kesombongan. Tetapi dengan kerendah hatian seperti butiran padi yang berisi lalu merunduk.

Merekalah padi-padi merunduk yang sejati. Menjelajahi luasnya bumi untuk menyuburkan ilmu pengetahuan, menua dengan berkarya dan menebar manfaat. Mempelajari budaya dan bahasa-bahasa baru yang melahirkan toleransi yang tinggi dan wawasan yang luas, membuat padi-padi semakin berisi dan akhirnya merunduk.

Mereka bisa memilih untuk menyombongkan kasta mereka sebagai seorang akademisi handal. Tetapi, teman… Bukan itu hakikat ilmu sesungguhnya. Lagi-lagi mereka menyadarkan kembali, orang besar dan berilmu saja tidak cukup, tetapi perlu adanya kesantunan dalam kerendah hatian yang membuat mereka seperti padi yang merunduk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s